• rizky
  • cover anyar

Website Resmi SMK NEGERI 1 PURWOREJO

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 PURWOREJO

NPSN : 20306180

Jl.Tentara Pelajar Kotak Pos 127 Banyuurip, Purworejo 54101


smkn1pwr@yahoo.co.id

TLP : 0275 321948


          

Banner

Statistik


Total Hits : 280000
Pengunjung : 103721
Hari ini : 106
Hits hari ini : 207
Member Online : 0
IP : 3.230.1.126
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Membuat Tempat Pot Tanaman Dari Limbah Potongan Besi




Mengelas atau menyambung  besi potongan  merupakan salah satu Kompetensi dasar (KD) yang ada dalam Mata Pelajaran  teknik pengelasan, pelaksanaan praktek las  dasar merupakan sambungan butt joint  juga di perlombakan pada ajang Lomba Ketrampilan Siswa (LKS), dengan nama mata lomba welding  mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Nasional bahkan sampai tingkat World Skill Competision (WSC).  

Pelaksanaan praktek las sambungan berbagai posisi baik fillet joint atau butt joint biasanya sesuai dengan pola yang telah ditentukan dalam gambar jobsheet, yang pada umumnya posisi pengelasan yang akan dilas menyesuaikan dengan posisi konstruksi, sehingga ada beberapa bahan (besi beton) yang harus di potong dan dibentuk sesuai pola gambar. Dengan banyaknya siswa yang praktek memasang  bentuk tempat pot dengan berbagai pola gambar tersebut maka banyak menghasilkan potongan besi  dengan berbagai ukuran dan diameter besi beton yang terpotong  biasanya sampai menumpuk menjadi limbah dan biasanya cuma dibuang atau dirongsok begitu  saja.  

Setelah adanya pelajaran Produk Kreatif dan kewirausahaan (pkk) yang dapat menumbuh kembangkan serta menginspirasi siswa untuk merancang dan membuat (mencipta) sesuatu sehingga menjadi suatu karya baik berguna bagi dirinya sendiri maupun bisa bermanfaat bagi orang lain, pelajaran ini juga bisa mengembangkan kreatifitas melalui merancang serta mencipta berdasarkan pelajaran teknologi dasar dan kewirausahaan yang telah diterima. sehingga diharapkan akan siswa akan terus berkreasi sehingga bisa menghasilkan karya yang bernilai seni dan bernilai ekonomis .

Memanfaatkan potongan keramik menjadi suatu karya memerlukan suatu pemikiran yang ulet, kreatifdan telaten. Salah satu kegiatan siswa di bengkel memanfaatkan limbah potongan  besi tersebut adalah membuat tempat Pot Tanaman, yang berfungsi untuk tempat  aneka macam tanaman hias di berbagai tempat misalnya tanaman hias di rumah, di lingkungan perkantoran, di lingkungan bengkel  atau tempat wisata dan lain-lainnya.  

Membuat tempat pot tanaman dengan memanfaatkan limbah potongan  besi, kegiatan siswa akan memulai dari merencana gambar sesuai dengan desain masing-masing baik secara sendiri maupun kelompok, menyiapkan bahan dasar untuk membuat tempat  tiang pot, menyiapkan cetakan bulat pembuatan tempat pot, membentuk bulat sesuai ukuran pot bunga  kemudian dilakukan teck weld. Dan pengelasan/menyambung sesuai pola yang diinginkan/joob sheet/pemesan. Setelah terangkai dengan benar lakukan pengelasan ulang (penguatan) kemudian lakukan pengerjaan  finishing dengan menggunakan gerinda tangan , amplas dan kemudian  pengecatan.

Pembuatan tempat pot bunga  dengan menggunakan limbah potongan potongan besi siswa bisa mengaplikasikan pembelajaran pada mapel PKK  adalah salah satu solosi yang bijak, karena semua limbah potongan potongan besi yang ada dibuang begitu aja, namun demikian dapat dimanfaatkan sebagai hasil karya siswa yang lebih bermanfaat yang kedepan  diharapkan seiring berkembangnya inovasi dan daya kreasi siswa sehingga diharapkan dapat mencipkan karya baru yang lebih bagus/tepat guna sehingga dimasa datang dapat mengembangkan ekonomi kreatif bagi para siswa.

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas