• rizky
  • baru

Website Resmi SMK NEGERI 1 PURWOREJO

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 PURWOREJO

NPSN : 20306180

Jl.Tentara Pelajar Kotak Pos 127 Banyuurip, Purworejo 54101


smkn1pwr@yahoo.co.id

TLP : 0275 321948


          

Banner

Statistik


Total Hits : 923867
Pengunjung : 360262
Hari ini : 300
Hits hari ini : 918
Member Online : 0
IP : 44.220.44.148
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Bijak Bermedia Sosial




 

Bijak Bermedia Sosial

 

Media sosial atau sosial media adalah platform yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi satu sama lain atau berbagi konten dalam bentuk teks, foto, atau video. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat berkomunikasi melalui berbagai jenis media sosial. Sayangnya penggunaan media sosial yang tidak dibarengi dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan komunikasi menyebabkan banyak pelanggaran hukum dan etika yang terjadi dalam penggunaan media sosial. Media sosial sering diibarartkan sebagai pisau bermata dua, yang mana seharusnya menjadi pengingat untuk kita semua tentang pentingnya memahami etika bermedia sosial dan membentuk kebiasaan “bijak dalam bermedia sosial”.

 

Kenapa kita harus bijak dalam bermedia sosial?

Bermain media sosial merupakan hak semua orang. Meskipun media sosial bebas digunakan oleh siapapun, kita tetap harus memperhatikan etika dalam menggunakannya. Mungkin, kita memang memiliki kebebasan untuk mengunggah apapun yang kita mau. Tetapi, kita juga harus selalu memperhatikan apakah konten yang kita unggah itu pantas atau tidak di mata publik. Tidak selamanya hal-hal yang kita anggap sepele juga sepele bagi orang lain. Bisa saja itu memicu ketakutan dan keresahan. Alangkah baiknya konten yang kita posting adalah sesuatu yang baik dan tidak menyinggung pihak manapun. Ingat, apapun yang telah masuk ke media sosial bisa menjadi jejak digital. Jadi, kita harus lebih bijak dalam bermedia sosial.

 

Apa saja upaya yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih bijak dalam bermedia sosial?

  1. Menjaga informasi yang bersifat pribadi

Privasi adalah salah satu hal penting yang harus kita jaga keamanannya. Kita harus berhati-hati dalam memberikan informasi yang bersifat privasi seperti nama lengkap, e-mail, nomor handphone, nomor rekening bahkan alamat tempat tinggal. Jangan sembarangan untuk membagikan data yang bersifat privasi, terutama kepada orang yang tidak kita kenal di media sosial.

  1. Menjaga etika dalam berkomunikasi

Menjaga etika dalam berkomunikasi tidak hanya dilakukan dalam kehidupan nyata. Namun, menjaga etika juga perlu kita lakukan ketika menggunakan media sosial. Jangan sampai unggahan yang kita buat menyakiti hati seseorang.

  1. Bijak dalam memilih teman di media sosial

Dengan adanya media sosial membuat kita lebih mudah dalam mencari teman dan membangun koneksi bahkan dari seluruh penjuru dunia. Dengan kemudahan yang diberikan ini tentu kita harus lebih bijak lagi dalam memilih teman di media sosial. Mengenal teman baru di dunia maya memang bukanlah hal yang mudah karena kita belum pernah bertemu secara langsung sehingga membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama untuk mengenal pola pikirnya.

  1. Berhati-hati ketika memposting sesuatu

Kita perlu mempertimbangkan mana hal yang layak dikonsumsi publik dan tidak. Meskipun ada fitur privasi yang bisa kita pakai, tetap saja memang sebaiknya ada hal-hal yang tidak perlu kita unggah di media sosial seperti masalah pribadi dan kehidupan pribadi. Kita akan susah mengenali siapa yang benar-benar peduli atau hanya sekedar penasaran dengan masalah kita. Jadi, alangkah baiknya untuk membicarakan masalah dengan orang-orang terdekat kita.

  1. Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten ketika membagikan sesuatu

Sebelum kita membagikan informasi baik itu dalam bentuk foto, video, atau tulisan, kita perlu untuk mencantumkan sumber asli konten tersebut agar tidak melanggar hak cipta dan pastikan kebenaran berita dengan cross check ke sumber lainnya.

  1. Tetap waspada

Kita harus hati-hati ketika menerima ajakan atau tawaran dari orang yang mencurigakan dan tidak kita kenal di media sosial. Jangan mudah tergiur, lebih baik cari tahu dulu kebenarannya. Hal ini untuk mencegah tindak penipuan bahkan penculikan yang bisa saja berawal dari media sosial.

 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan sosial media, yaitu:

  1. Menjaga norma dan etika dalam menggunakan media sosial.
  2. Menggunakan tutur kata yang baik dalam memberikan tanggapan atau komentar.
  3. Menghindari penyebaran konten SARA, aksi kekerasan, serta pornografi.
  4. Membagikan informasi yang terpercaya, akurat, dan bermanfaat.
  5. Menyaring dan memilah informasi yang didapatkan dari berbagai sumber.
  6. Menjadikan sosial media sebagai media untuk berkarya.
  7. Membangun relasi dan komunikasi yang sehat.

 

Hal-hal yang tidak seharusnya kita lakukan dalam bermedia sosial yaitu:

  1. Menyebarkan berita bohong yang dapat memicu konflik.
  2. Memberikan komentar negatif kepada orang lain.
  3. Menyebarkan konten ilegal yang melanggar hukum.
  4. Mengunggah hal-hal yang sifatnya terlalu pribadi karena jejak digital akan selalu ada.
  5. Mudah percaya dengan orang yang ditemui di media sosial.
  6. Curhat masalah pribadi secara berlebihan (privasi).

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas